Minggu, 09 September 2012

ISLAM ADALAH KEIMANAN DAN PERBUATAN

problemamuslim.wordpress.com
Islam adalah agama Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad s.a.w. Dan ia adalah agama yang berintikan keimanan dan perbuatan (amal).

Keimanan itu merupakan pokok akidah, yang diatasnya berdiri syari'at islam. Kemudian dari pokok itu keluarlah cabang-cabangnya.

Perbuatan itu merupakan syari'at dan cabang-cabang yang dianggap sebagai buah yang keluar dari keimanan serta akidah.
Keimanan dan perbuatan atau dengan kata lain akidah dan syari'at, keduanya itu satu dengan yang lain sambung-menyambung, hubung-menghubungi dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Keduanya bagaikan pohon dan buahnya, sebagai akibat dan sebabnya, atau sebagai hasil dengan pendaahuluannya.

Oleh karena hubungan yang sangat erat tersebut, maka amal perbuatan selalu disertakan penyebutannya dengan keimanan dalam sebagian besar ayat-ayat Al-Qur'an Al-karim.

Sebagai misal dapatlah dikemukakan firman-firman Allah Ta'ala berikut ini :
Berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebaikan, bahwasanya mereka itu akan memperoleh surga yang dibawahnya mengalirlah beberapa sungai”. S. Baqarah 25.

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan, baik ia lelaki atau perempuan dan ia seorang yang beriman, maka pastilah Kami (Allah) akan memberinya kehidupan yang baik dan pasti Kami beri balasan dengan pahalanya, menurut yang telah dikerjakan dengan sebaik-baiknya”. S. Nahl 97.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, maka Tuhan Yang Maha Pengasih akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang”. S. Maryam 96.

(Aqidah Islam, Sayid Sabiq)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar