Jumat, 07 September 2012

JIN TIDAK MENGETAHUI HAL-HAL YANG GHAIB

Ilmu ghaib (pengetahuan mengenai hal-hal yang ghaib) adalah hal-hal yang dikhususkan oleh Allah Ta'ala untukNya sendiri. Jadi tidak satupun soal ghaib yang ditunjukkan oleh Allah Ta'ala itu kepada siapapun juga, kecuali Allah menghendaki untuk disampaikan kepada salah seorang rasulNya yang dikehendaki, dan oleh rasul ini perlu sekali untuk disampaikan kepada umat manusia.

Mengenai hal-hal ghaib ini Allah berfirman dalam Q.S Jin ayat 26-27:
"Allah adalah Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib, maka tidak diperlihatkan rahasia keghaiban itu kepada seorangpun jua.
Kecuali kepada rasul yang diridai-Nya. Sesungguhnya Dia mengadakan pengawal (malaikat) dihadapan dan dibelakang rasul itu"
Maksud ayat diatas ialah bahwa Allah sengaja membuat suatu penjagaan yang rapat disekeliling rasul yang hendak diberitahu sebagian dari keghaiban-keghaiban yang ada hubungannya dengan risalatnya. Penjaga-penjaga itu adalah terdiri dari golongan malaikat dan bintang-bintang, agar supaya amanlah terpeliharanya keghaiban-keghaiban ini dari permainan syaithan yang terkutuk.

Dalam menceritakan Nabiullah Sulaiman a.s., AlQur'an mengatakan:
" Setelah Sulaiman Kami wafatkan, tiadalah yang menunjukkan kematiannya itu melainkan binatang bumi yang makan tongkatnya (secara berangsur-angsur). Setelah ia roboh, teranglah bagi jin itu, bahwa sekiranya mereka mengetahui hal yang ghaib, tentulah mereka tidak tinggal tetap dalam siksaan yang memberikan kehinaan" S. Saba' 14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar